Split Air Conditioner Troubleshooting

44 Responses to Split Air Conditioner Troubleshooting

  1. sholeh says:

    di Ac split apa ada filter drier?biasanya Ac split menggunakan kompresor Rotary & hanya ada Acumulator saja…

  2. sholeh says:

    apa sama fungsi filter drier dgn acumulator?????

    • Hermawan says:

      “Filter Drier” didalamnya terdapat saringan/filter dan pengering/penyerap uap air (drier). Jadi Filter drier berfungsi untuk menyaring kotoran/serbuk2 metal dalam sistem dan juga menyerap uap air sehingga tdk ikut bersirkulasi dalam pipa2 di sistem tsb.

      Kalau didalamnya hanya terdapat saringan saja, dinamakan “Filter”.

      Accumulator berfungsi untuk mencegah cairan refrigeran langsung masuk ke ruang kompresi kompresor, yang jika dibiarkan bisa merusak bagian2 dari kompresor terutama discharge valve dari kompresor tsb. Pada accumulator juga kebanyakan dibagian sisi masuknya (inlet) sering dipasang filter/saringan

  3. Hermawan says:

    Pada unit AC Split yg kecil biasanya hanya terdapat sebuah filter sebelum pipa kapiler selain filter yg ada di Accumulator. Tidak ada drier/pengering/penyerap uap air.

    Untuk belahan sebuah kompresor rotary yang biasa dipasang di AC Split bisa dilihat disini:

    http://hvactutorial.wordpress.com/sectioned-components/compressors/hermetic-rotary-compressor-stationary-blade/

  4. Ferry says:

    Bos, mungkin gak bagian indoor AC split, menimbulkan bunga api hingga menyebabkan kebakaran?

    • Hermawan says:

      Pada bagian indoor unit umumnya terdapat satu kontrol panel yang berisi komponen2 kelistrikan. Dalam beberapa kasus bisa saja terjadi percikan api dari bagian2 tsb yg bisa menyebabkan kebakaran.

  5. adi tjahyono says:

    pak, filter drier juga berfungsi untuk menyerap uap air, pertanyaannya darimana uap air tsb ?

    • Hermawan says:

      udara sekitar kita mengandung uap air, anda mungkin familiar dengan kata2 kelembaban udara? Nah itulah parameter untuk menentukan jumlah kandungan uap air relatif dalam udara. Udara tsb jika dikompresikan akan mengembun dan kemudian mencair, contohnya anda bisa lihat di tabung kompresor angin, akan ada air kondensasi dari udara akibat proses kompresi. Untuk menghilangkan udara yang terjebak dalam sistem maka sistem harus divakum. Tetapi vakum tidak bisa menghilangkan seluruh uap air yg ada dalam sistem, sehingga dipasanglah drier yang berfungsi untuk menyerap sisa uap air tersebut sehingga tdk bersirkulasi dalam sistem.

  6. Sastru says:

    Pak dikantor saya menggunakan multi split AC dengan dua indoor, sekarang satu indoornya rusak.
    Rencananya indoor yang rusak mau saya ganti dengan indoor yang jenisnya single split AC( Spare dari gudang )
    pertanyaannya apa bisa ya.Kalau tidak bisa kenapa ?

    • Hermawan says:

      Ada 2 jenis multi split AC:
      1. Dua unit yang outdoornya dijadikan satu, dimana sebenarnya kedua sistem terpisah. Hanya menggunakan satu outdoor fan untuk kedua sistem.
      2. Multi Split Inverter, dimana satu outdoor melayani beberapa indoor unit dalam satu sistem.

      Jika AC di kantor bapak termasuk kategori pertama, maka penggantian dengan indoor unit yg standard (single split biasa) maka tidak menjadi masalah, yg penting perhatikan size unitnya dan ada beberapa model yg koneksi elektrikal harus sedikit di modifikasi tetapai ada juga yg langsung bisa dikoneksi. Tetapi jika termasuk kategori kedua, penggantian tsb hanya bisa dilakukan dengan type unit yg sama dari manufactur yg sama juga. Karena pada split multi inverter pengontrolan untuk seluruh unit sudah terintegrasi dalam satu rangkaian (Unit split yg biasa/type konvensional sudah pasti tdk akan cocok).

      Salam,

  7. sastro says:

    P. Hermawan terimakasih penjelasannya .Multi Split dikantor saya adalah tipe kategori pertama dan satu lagi pertanyaan saya yaitu mengenai penyambungan kabelnya bagaimana ya, karena kalau yang multi split kabel powernya masuknya ke outdoor unit dan yang ke indoornya tiga kabel, sedangkan yang single split kabel powernya masuknya ke Indoor unit dan yang ke outdoor hanya dua kabel plus kabel ground.
    Mohon penjelasannya

  8. adi tjahyono says:

    Pak, saya mo tanya. Kenapa ac central ( ac centrak york 60 pk, kondensor pendingin udara) make kompresor torak, apakah ada hubungannya dengan kapasitas pendinginan ac tersebut ? Dan kenapa pake freon 22 ? Apakah bisa pake jenis freon lain ( misal R 11/ R 407 ) ?

    • Hermawan says:

      Penggunaaan jenis kompresor memang ada hubungannya juga dengan refrigerant yang digunakan, selain itu juga ada beberapa pertimbangan seperti kemudahan dalam perbaikan, effektif cost, dan beberapa pertimbangan lainnya. Jenis refrigerant bisa diganti, tetapi harus memperhitungkan efek penggantian refrigerant tsb, karena setiap refrigerant memiliki karakteristik yang berbeda sehingga akan berpengaruh pada kapasitas pendinginan dari unit tersebut.

  9. shashi says:

    Hi bro…
    Your blog is fantastic and very much informative..
    But there is a big problem about language
    how can I get it transleted
    best of luck
    shashi

  10. sutrisno says:

    pak ni saya da problem ac 2 pk panasonic indoornya tdk dngin pdhal tekanya 65psi 9.2 amper &pipa secsenya tdak dingi jg.kenapa ya ?mohon bantuanya trims

    • Hermawan says:

      langkah apa yg telah diakukan? berapa temperatur udara keluar kondenser? Pastikan temperatur kondensasinya normal. Cek kebersihan kondensernya.

  11. Cherry says:

    Pak suhu mau tanya, kenapa dari dalam ac indor bisa keluar air dan bisa ga ac indor saya merk hitachi 3/4 pk dan outdornya merk gree, apakah maksimal kinerja keduanya. Trims.

    • Hermawan says:

      Air menetes dari indoor unit bisa terjadi karena tersumbatnya saluran pembuangan air kondensasi. Umumnya diakibatkan oleh jamur yg menumpuk di drain pan indoor maupun di saluran pembuangan. Selain itu juga ujung saluran air yg tertutupbisa juga menyebabkan air meluap dari penampungnya. Untuk mengatasinya cuci bersih AC tsb, pastikan juga drain pan dibuka, sehingga bisa betul2 bersih. Saluran buang air di-vakum dari bagian ujung luar dari pipa.

      Indoor unit bisa saja saling interchange antara beberapa merk, seperti yg anda sebutkan diatas, tidak menjadi masalah. Indoor Hitachi outdoor Gree atau sebaliknya.

  12. Cherry says:

    Trims penjelasannya p. Hermawan. Salut buat anda..dan satu lagi pertanyaan saya outdor unit kan mengeluarkan panas, apabila temp di sekitar outdor lebih panas. Apakah ada penurunan temp di indor atau berpengaruh tidak terhadap kerja pendingin ? Trims atas penjelasannya

    • Hermawan says:

      di outdoor unit terdapat komponen yang namanya Kondenser. Komponen ini berfungsi untuk membuang kalor yang diserap oleh refrigerant di indoor unit dan kalor yang timbul pada proses kompresi agar siklus refrigerasi bisa dilakukan berulang (recycle).
      Agar kondisi refrigerant (freon) kembali ke posisi/kondisi awal (yaitu cairan bertekanan tinggi) maka uap/gas refrigerant yang bertekanan tinggi yg masuk ke kondenser harus dicairkan. Caranya dengan membuang kalor yg ada pada rerigerant tersebut. Untuk bisa terjadinya proses kondensasi (pencairan) maka temperatur udara sekitar/media pendinginnya (kalau di AC Split di rumah2 biasanya menggunakan kipas untuk melewatkan udara ke kondenser) harus lebih rendah dari temperatur kondensasi refrigerant. Sehingga bisa terjadi aliran kalor dari refrigerant ke udara. Akibatnya refrigerant yg tadinya berbentuk gas akan berubah menjadi refrigerant dalam bentuk cair. Jika temperatur udara sekitarnya lebih tinggi dari temperatur kondensasinya, yg terjadi adalah aliran yg sebaliknya, kalor akan mengalir dari udara ke refrigerant. Sehingga selain effisiensi mesin pendingin menjadi sangat buruk, tekanan kondensasi/high pressure side akan berlebihan dan membahayakan kerja Kompresor (bisa merusak kompresor karena kerja berlebihan). Beruntungnya ada komponen proteksi yg mencegah sup[aya kompresor tidak bekerja diluar batas kemampuannya, komponen ini klo pada AC Split rumah tangga namanya Thermal Overload Protektor. Ketika Kompresor bekerja berat, temperatur kompresor menjadi panas dan konsumsi listrik menjadi lebih besar, jika temperatur/arus melebihi standard yg ditetapkan maka Thermal Overload Protector akan memutus rangkaian listrik ke Kompresor, sehingga Kompresor akan aman.

  13. Cherry says:

    Berarti lebih baik outdor ac di taruh di tempat yang tidak terlalu panas dan tidak terkena sinar matahari langsung. Trims atas sharingnya, mudah2 an anda sukses dalam usaha,,,

    • Hermawan says:

      Iya, sebaiknya begitu, selain bisa menghemat pemakaian listrik, umur kompresor bisa jauh lebih panjang.

      Terima kasih do’a-nya, aamiin

  14. hemi says:

    wah salut pak, penjelasan anda jelas dan teknis, terus terang saya jengkel dengan para ahli ac gadungan yang ilmunya ga ada tapi sok tahu, dan ajaranya menyesatkan

  15. vian says:

    pak bro, mau tanya nie….
    kalo flasing outdor dengan R22 aj gmn ya…?
    tapi pipa high n low nya gk ush dilepas
    thx…

  16. Leo says:

    halooo pak
    mau nanya nih
    Pada ac 1/2PK, apabila AC di nyalakan, setelah mencapai suhu 16 derajat, Outdoor nya mati, namun kipas outdoor tidak mati.
    dan setelah di tunggu, outdoor tidak hidup kembali. hanya kipas outdoor yang terus hidup.
    sdh dicoba ganti transmitor, namun belum ada perubahan.
    Ampere kompressor normal ketika ada beban.

    untuk permasalahan ini, mohon bantuannya pak
    Thx

    • Hermawan says:

      kemungkinan Kompresor mengalami overload, penyebabnya bisa kompresor run capacitor yg sudah rusak, sistem kekurangan atau kelebihan refrigerant, kondenser kotor, atau mechanical kompresor ada yg rusak.

  17. mau tanya mas.. bagaiman langkah-langkah dan peosedur mengisi freon pada ac split. apakah sebelum isi freon perlu di vacum dulu.? maklum baru belajar tentang teknik pendingin. Mohon pencerahanya.

  18. iliyin says:

    Setelah membaca jawaban2 dri bnyk pertanyaan cukup bagus dan memuaskan.tpi sy ada satu pertanyaan bos,ac ppanasonic 1,5pk presur 55 dan amp 5,8 lebih tinggi dri nameplat y sehingga compresor overload dan kalau di kurangi freon y di sesuaikan namplate ampere indoor malah mati,cuma lampu leid kedap kedip gmna solusi y

  19. Bin Dawud says:

    Izin copy ya Kang,,

  20. Full file says:

    I’m impressed, I have to admit. Seldom do I come across a blog that’s both educative and engaging, and without a doubt, you have hit the nail on the head.

    The problem is an issue that not enough men and women are speaking intelligently about.
    I’m very happy I stumbled across this during my hunt for something regarding this.

  21. AC SPLIT says:

    Saya memuji blog ini. Informasi penting yang di sampaikan secara gambalang dengan respon tanggapan yang cepat. Mengenai ac split atau pendingin ruangan kami juga mengadakan pelatihan khusus untuk Rehabilitasi KEMHAN.

    • Hermawan says:

      salam,
      semoga program Program Rehabilitasi Tingkat Terampil yg dijalankan di KEMHAN bisa membuat pesertanya semakin percaya diri dan memiliki skill yg baik untuk usaha di masa depannya. Saya sendiri sedang mempersiapkan program pembelajaran untuk anak jalanan, mohon doanya smoga bisa berjalan dengan baik.

  22. ferry says:

    Mohon bantuannya pak…
    Saya mempunyai AC 1/2 PK merk LG, fan indoor tidak bisa di kontrol (muternya kencang terus) dan berisik karena suara anginnya. ketika unit saya matikan menggunakan remote, unit mati tetapi fan indoor masih menyala pelan. kemudian modulenya saya ganti dengan ac 1/2 PK merek yang sama (bekas), hasilnya fan indoor bisa mati ketika unit dimatikan menggunakan remote tetapi masalah fan indoor yang putarannya kencang pada saat dinyalakan masih belum teratasi. apakah motor fan indoornya yang bermasalah ? Atas bantuaannya saya ucapkan terimakasih…

  23. rudhy says:

    Pak, saya mau tanya.. Dirumah sya baru 1 hari pasang ac merk polytron 1/2 PK. Kenapa stiap pemakaian yg ckp lama 5-6 jam, pada instalasi pipanya mengembun padahal smua sdh terbungkus rapi (dipasang oleh tenisi toko). Mhn penjelasannya… Trims.

    • Hermawan says:

      seharusnya tidak mengembun di bagian insulasinya.
      ada beberapa kemungkinan:
      1. kedua pipa disatukan dalam satu insulasi (seharusnya masing2 pipa diinsulasi tersendiri, terutama untuk jarak pipa antara indoor dan outdoor yang jauh jaraknya)
      2. kualitas insulasi yang kurang baik.
      3. insulasi pipa kurang tebal.
      4. setting temperatur ruangan yang terlalu rendah/ seting remote di dry mode.

      salam, smoga membantu

  24. Didi says:

    Dear Pak hermawan.
    Mhn petunjuknya. Sy baru saja memasang AC inverter Mitsubishi Heavy Industries 1PK. Oleh teknisi, setelah semuanya terpasang tiba” saya mendengar seperti suara angin dikeluarkan dr outdoor unitnya. Setelah saya tanya ternyata memang teknisi tersebut membuang freon dari AC. Katanya, freon dari pabrik terlalu tinggi, makanya perlu dikurangi. Logikanya, masa iya sih dari pabrik sengaja memberi tekanan berlebih dan kemudian akan dibuang (hal yang sia-sia)?

    Lagipula saya tidak melihat teknisi tersebut menggunakan alat pengukur tekanan, kok bisa-bisanya dia mengatakan tekanannya berlebih ya?

    Terima kasih.

  25. Didi says:

    Dear Pak hermawan.
    Mhn petunjuknya. Sy baru saja memasang AC inverter Mitsubishi Heavy Industries 1PK. Oleh teknisi, setelah semuanya terpasang tiba” saya mendengar seperti suara angin dikeluarkan dr outdoor unitnya. Setelah saya tanya ternyata memang teknisi tersebut membuang freon dari AC. Katanya, freon dari pabrik terlalu tinggi, makanya perlu dikurangi. Logikanya, masa iya sih dari pabrik sengaja memberi tekanan berlebih dan kemudian akan dibuang (hal yang sia-sia)?

    Lagipula saya tidak melihat teknisi tersebut menggunakan alat pengukur tekanan, kok bisa-bisanya dia mengatakan tekanannya berlebih ya?

    Terima kasih.

    • Hermawan says:

      Dear Pak Hardyanto,
      Pada umumnya pabrikan mengisi refrigerant untuk AC Split rata2 untuk panjang pipa koneksi indoor-outdoor = 5 s/d 7 meter. Jika unit dipasang dengan kisaran panjang sesuai jarak tersebut maka refrigerant tidak perlu dikurangi atau ditambah. Tetapi jika jaraknya lebih pendek maka pengisian dari pabrik tersebut menjadi berlebih sehingga perlu dikurangi agar tekanan kerjanya tetap standar. Begitu juga jika jaraknya melebihi batas standar pabrik, maka perlu dilakukan penambahan refrigerant.
      Ada beberapa teknisi yang karena sudah terbiasa menangani system tersebut bisa merasakan bahwa unit kelebihan/kekurangan refrigerant. Untuk pemasangan unit baru, tanpa melihat pressure gauge (sebenarnya tetap direkomendasikan menggunakan pressure gauge) teknisi biasanya menganalisa sistem over/under charge dengan membaca arus yang masuk ke sistem sehingga bisa diketahui normal/tidaknya sistem tersebut. Tetapi untuk sistem inverter perlu kehati2an dalam menentukan sistem over/undercharge.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 267 other followers

%d bloggers like this: