Cooling Tower

Pada sistem refrigerasi berkapasitas sedang dan besar biasanya menggunakan air sebagai media pendingin Kondenser. Hal ini dikarenakan air memiliki kemampuan memindahkan kalor yang lebih baik daripada udara, sehingga dengan menggunakan air sebagai pendinginnya ukuran Kondenser dengan kapasitas yang sama bisa menjadi lebih kecil dibandingkan dengan yang berpendingin udara .

Kondenser berpendingin air berdasarkan cara kerjanya diklasifikasikan menjadi 2 bagian,yaitu:
1. Sistem air buang (Waste Water System)
Air dingin masuk ke Kondenser kemudian keluar dan langsung dibuang.
Cara ini diperbolehkan untuk sistem yang berkapasitas kecil atau apabila terdapat sumber air yang banyak. Hal yang harus diperhatikan adalah ketentuan yang berlaku dimana sistem ini bekerja (boleh/tidaknya memakai air dengan kapasitas besar).
2. Sistem air sirkulasi (Recirculation)
Dalam sistem ini air yang keluar dari Kondenser didinginkan kembali di Menara Pendingin (Cooling Tower) kemudian disirkulasikan kembali ke Kondenser.

Cara Kerja Cooling Tower:
Setelah melalui kondenser, temperatur air akan naik karena menyerap sejumlah kalor dari refrigerant di kondenser tersebut. Air panas ini kemudian masuk melalui hot water inlet port pada cooling tower untuk seterusnya naik kebagian atas cooling tower tersebut. Air kemudian keluar melalui lubang2 yang ada pada sprinkler. Sprinkler akan berputar sambil melepaskan air dan mendistribusikannya secara merata di bagian atas cooling tower. Air yang keluar dari sprinkler ini kemudian masuk ke water column dan bersinggungan dengan aliran udara yang arahnya berlawanan (air panas turun ke bagian bawah cooling tower, sementara udara masuk dari bagian bawah untuk seterusnya keluar dari bagian atas). Pada saat persinggungan antara air dan udara ini, sejumlah kalor akan dilepaskan dari air yang bertemperatur lebih tinggi ke udara yang bertemperatur lebih rendah. Akibatnya temperatur air akan turun. Temperatur air yang sudah dingin ini kemudian ditampung di bagian bawah cooling tower (basin) untuk kemudian disirkulasikan lagi menuju ke kondenser agar bisa menyerap kalor lagi.
Pada saat persinggungan antara air dan udara, sejumlah air akan ikut terbuang ke udara, sehingga volume air akan berkurang, dan untuk mengatasinya, maka make-up water yang dihubungkan dengan jalur air domestik (PAM) dengan dilengkapi pelampung akan tetap menjaga agar level air di penampung tidak berkurang.

12 Responses to Cooling Tower

  1. Devi AC Asal Ciamis says:

    wah bagus artikel nya kang, sekedar bertanya… Pada saat terjadi penguapan air ke udara pastinya air yg tertinggal kandungan larutannya (conductifity) akan naik, berapa liter air yg harus di blowdown agar kandungan air tetap stabil agar tdk terjadi pengerakan pada pipa cond… Hatur nuhun kang

    • Hermawan says:

      Jumlah air tergantung kapasitas dan juga kandungan ph air tsb. Sistem yg baik dilengkapi dwngan ph kontrol sehingga blowdown akan bekerja otomatis

  2. silvi says:

    kang saya silvi dari poltek negeri bandung, kebetulan saya lagi KP di PGE KAMOJANG, kang saya rencananya akan mengambil tema laporan kp tentang cooling tower, menurut akang, judulnya yang matang tentang Cooling tower apa ya, saya masi bingung mau mengambil spesifikasinya tentang apa, mohon bantuannya ya, terimakasih

    • Hermawan says:

      Bisa coba Analisa Performa Cooling Tower.
      Disitu bisa dibahas parameter2 yg mempengaruhi performa cooling tower

  3. imran says:

    cantik bangat drawing nya, apa sih software khusus diguna utk melukis

  4. Sony Rhasya says:

    & pakah cooling tower bisa di katakan heat exchanger…
    mohon di jelas kan

  5. Simple and more useful diagram about the cooling tower. We appreciate your blog, Keep writing

  6. terimakasih gan ,banyak/komplit sekali

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: