Basic Refrigeration Cycle

Siklus Refrigerasi

Penjelasan Siklus Refrigerasi:

A-B : Un-useful superheat (kenaikan temperatur yg menambah beban kompresor) Sebisa mungkin dihindari kontak langsung antara pipa dan udara sekitarnya dgn cara menginsulasi pipa suction.

B-C : proses kompresi (gas refrigerant bertekanan dan temperatur rendah dinaikkan tekanannya sehingga temperaturnya lebih tinggi dari media pendingin di kondenser. Pada proses kompresi ini refrigerant mengalami superheat yg sangat tinggi.

C-D : Proses de-superheating (temperatur refrigerant mengalami pemurunan, tetapi tdk mengalami perubahan wujud, refrigerant masih dalam bentuk gas)

D-E : Proses kondensasi (terjadi perubahan wujud refrigerant dari gas menjadi cair tanpa merubah temperaturnya.

E-F : Proses sub-cooling di kondenser ( refrigerant yg sudah dalam bentuk cair masih membuang kalor ke udara sekitar sehingga mengalami penurunan temperatur). Sangat berguna untuk memastikan refrigerant dalam keadaan cair sempurna.

F-G : Proses sub-cooling di pipa liquid (Refrigerant cair masih mengalami penurunan temperatur karena temperaturnya masih diatas temperatur udara sekitar). Pipa liquid line tdk diinsulasi, agar terjadi perpindahan kalor ke udara, tujuannya untuk menambah kapasitas refrigerasi. (Note: dalam beberapa kasus ..pipa liquid harus diinsulasi…nanti dijelaskan dalam pembahasan khusus)

G-H : Proses ekspansi/penurunan tekanan (Refrigerant dalam bentuk cair diturunkan tekanannya sehingga temperatur saturasinya berada dibawah temperatur ruangan yg didinginkan, tujuannya agar refrigerant cair mudah menguap di evaporator dgn cara menyerap kalor dari udara yg dilewatkan ke evaporator)

Terjadi perubahan wujud refrigerant dari cair menjadi bubble gas sekitar 23% karena penurunan tekanan ini. Jadi refrigerant yg keluar dari katup ekspansi / masuk ke Evaporator dalam bentuk campuran sekitar 77% cairan dan 23% bubble gas.

H-I : Proses evaporasi (refrigerant yg bertemperatur rendah menyerap kalor dari udara yg dilewatkan ke evaporator. Terjadi perubahan wujud refrigerant dari cair menjadi gas. Terjadi juga penurunan temperatur udara keluar dari evaporator karena kalor dari udara diserap oleh refrigerant)

I-A : Proses superheat di evaporator: Gas refrigerant bertemperatur rendah masih menyerap kalor dari udara karena temperaturnya yg masih dibawah temperatur udara. Temperatur refrigerant mengalami kenaikan). Superheat ini berguna untuk memastikan refrigerant dalam bentuk gas sempurna sebelum masuk ke Kompresor.

13 Responses to Basic Refrigeration Cycle

  1. abra says:

    pertama saya sangat senang sekali menemukan blog ini, karena sejak lama saya cari web ilmu gratis seperti ini gak ketemu2 hehe..

    kang mau tanya….
    sekarang kan kalo gak salah era nya efisiensi kang, untuk mesin disel ada intercooler turbocharger, kalo bensin mungkin pake injeksi v-vti, dti, dll
    kalo untuk efisiensi refrigerasi gimana selain efek superheat&subcooling (intercooler & economizer)..

    sekalian nanya, kalo gak salah liat dulu di puskesmas kampung ada kulkas kecil buat ngedinginin obat tapi yang anehnya kulkas itu gakpake listrik tapi pake api, apa itu sistem absorpsi? tapi kok bentuknya kecil…?
    terima kasih sebelumnya

  2. nur mh says:

    super sekali kang asep> 2 jempol untuk ilmunya, apalagi illustrasi corelnya oke punya. ijin copy untuk keperluan belajar sendiri ya kang. tengkiu.

  3. jempol 4 untuk share ilmunya kang…….

  4. lampard says:

    salut….

  5. arhie says:

    tthanks ilmunya buat mas hermawan

  6. Tiar Qinkin says:

    ijin kopas gambarnya kang..

  7. Dashyat Bos…. Makasih

  8. nunu hermawan says:

    hatur nuhun kang asep ilmunya… salam kenal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: